My Journey: DIY Yogyakarta

Jogjaaaaa.... (cara pengucapan seperti disebuah iklan rokok :P)
gak pernah bakal disangka saya akan menginjakkan kaki di kota itu (tepatnya beberapa hari sebelum lebaran idul adha tahun 2010, idul adha jatuh pada hari rabu, 17 november 2010, dan saya berangkat ke jogja hari jumat, 12 November).

Saya masih inget banget waktu itu kita baru selesai kuliah jam2-an. Karena ada tanggal merah libur lebaran idul adha beberapa hari lagi, sudah menjadi ritual bagi mahasiswa STAN untuk meminta diberikan jatah libur beberapa  hari biar bisa pulang ke kampung halaman. Biasanya ketua kelas yang berasal dari tanah jawapun akan berpikiran sama (tentu saja begitu, karena kalau ketua kelasnya berasal dari luar pulau jawa, hal-hal seperti ini tidak akan digubris, mahasiswa yang notabene nya luar pulau jawa disini tidak akan pulang ke kampung halaman dengan waktu liburan yang hanya  dalam hitungan hari, mengingat biaya yang dikeluarkan gak sepadan dengan banyaknya hari liburan). Karena ketua kelas saya waktu itu berasal dari jawa (sebenarnya kalau dari namanya orang akan menyangka dia berasal dari sumatera, tapi jika dilihat dari pembawaan dan mukanya ya jawa.. hhe - inisial P -) maka dia segera mengatur segala situasinya agar kuliah yang ada di hari senin, selasa, kamis, dan jumat ditunda dulu, jadi kami bisa liburan seminggu penuh. Tapi kalau saya gak salah inget, kuliah yang buat hari jumat, 2 hari setelah idul adha itu gak bisa dimundurin. Jadi liburannya cuma sampe kamis, lumayan.

Oiya hari jumat, jam 2 selesai kuliah buat satu minggu itu. Teman-teman dikelas pada sibuk mencari teman untuk pulang bareng ke kampung halaman masing-masing. Mendengar pembicaraan mereka, saya yang berasal dari luar pulau jawa jadi mikir "mau ngabisin liburan ngapain ya..hmm".  lalu, saya mendengar teman saya yang mau pulang ke daerah klaten - si ketua kelas inisial P - ngobrol sama teman saya juga tentang rencana mereka pulang bareng naik bus sumber alam yang lansung naik dari samping gerbang kampus ceger jam4 sore ini. Sayapun tanpa pikir panjang lansung menanyakan ke P "Itu busnya mampir di jogja gak?" si P bilang iya. Sayapun lansung minta dibeliin tiket dengan jam keberangkatan yang sama dengan mereka.

Saya punya banyak teman yang kuliah di jogja, jadi gak terlalu susah bagi saya untuk mencari penginapan dan teman untuk berkeliling disana. Ini pengalaman kedua saya naik bus antar kota, pertama, waktu masa SMP dulu, RIAU-SUMATERA BARAT. Dan sekarang yang kedua, JAKARTA-YOGYAKARTA. Sabtu pagi jam 7, saya turun di terminal lempuyangan, saya dijemput oleh Mas Erik (kakaknya teman saya - Ocha-). Selama di jogja saya menginap di rumah kontrakan Ocha, disana juga tinggal Mas Erik, Mbak Ayu (kakaknya ocha juga) dan 2 sodaranya yang lain (maaf lupa namanya..**v)

Waktu masih di perjalanan kesana, saya sudah mengirimkan sms kepada semua teman saya yang kuliah di jogja, ada Harri, Firman, Nanto, Gilang, Rafi, Didiet, Edo, Fanni, Devoy, dan Tari. Oleh karena itu, malam pertama saya disana, hampir semua teman-teman saya itu pada dateng kerumah Ocha, kita kangen-kangenan, ngobrol sampe larut malam mengenang masa2 SMA dulu sambil ngeledek2in teman yang punya kejadian lucu waktu SMA. Mendekati jam 12.00 malem, kami memutuskan untuk jalan2 mengelilingi kota jogja, setelah satu jam muter-muter, kami berhenti di pinggiran sungai *apa ya, namanya?, lupa* disana banyak banget anak muda jogja yang duduk-duduk bareng teman-temanya sambil menggelar tikar dan main kartu. Kamipun begitu. Walaupun jam 1 pagi, tapi pemandangannya berasa disiang hari, banyak pengamen yang ngiterin setiap kumpulan orang yang lagi duduk-duduk santai. Saya, ikutan main kartu juga dengan teman-teman saya dengan kumpulan uang receh segepok ditangan (kata teman-teman saya itu, ini tugas saya untuk memberikan receh kesetiap pengamen yang berhenti di kita, tugas untuk yang baru datang katanya :P ). Jam 2 .30 pagi, kami pulang.

- Sabtu, seharian gak kemana2 dan hanya di rumah Ocha.
- Minggu, pagi-pagi saya, ocha dan 2 saudaranya ke Kampus UGM untuk melihat acara rutin tiap pagi minggu "SUNMOR- alias Sunday Morning", semacam bazar atau pasar mingguan yang diramaikan oleh mahasiswa UGM dan masyarakat sekitar. Siangnya kita jalan-jalan ke Pasar Bringharjo.. Malemnya, yang muter2 dan nongkrong bareng teman2 saya itu.
- Senin malam,sekitar jam 22.30an kita rame-rame jalan ke  Pos Indonesia buat foto-foto (kebetulan Mas Erik hobi foto- alias calon photographer handal, amin ya mas erik)

- Selasa, gak kemana2
- Rabu, Idul adha, Jalan2 ke Wonosari rumahnya Mbak Yessi (pacar Mas Erik).. Lalu kita ke Pantai sampai jam 7 malam, terus mampir di Bukit Bintang :)

- Kamis, Pulang... awalnya pengen naik kereta, ke stasiun tugu jam 12 siang.. eh ternyata kehabisan tiket, yaudah naik bis aja, tapi adanya berangkat jam 4 sore.. Jalan-jalan dulu ke Prambanan bareng nanto, sempat main ke Plaza Ambarukmo -AMPLAS juga.. hhe special thanks to Nanto, Arigato :)

terimakasih jogja, lain kesempatan saya akan kembali berkunjung :)