Es Tebak


Es tebak adalah es campur dengan isi utama tebak, semacam cendol yang terbuat dari beras. Tebak berwarna putih dan lebih panjang dan tebal serta tidak lembek.



Minuman ini namanya ES TEBAK, bukan Tebak pada saat kita ngucapin "Tebak Kata", tetapi Tebak dengan (e) keras kaya Si Poltak Raja Minyak dari Medan yang ngomong. hhe


Minuman yang paling saya pengen minum pas baru-baru pulang kampung itu adalah Es Tebak. Apalagi kalau cuaca lagi gerah, ato untuk buka puasa, brrr seger banget rasanya bisa minum ini. kalau bulan Ramadhan nyari minuman ini gak susah kok, banyak yang jual. tapi kalau hari2 biasa susah banget dicarinya. biasanya sih adanya di hari rabu doang, soalnya hari rabu adalah hari pasarnya di daerah2 dekat rumah saya. Nah, kalau kita belanja ke pasarnya pada hari pasar itu, hampir semua barang2 yang gak ada pada hari biasanya bisa kita temukan pada hari pasar itu. Kalau udah beda kecamatan, biasanya hari pasarnya beda lagi tuh. Contohnya saja 2 kecamatan tetangga kecamatan saya ini yaitu Kec. Bangkinang Barat (Kuok) dengan hari pasarnya hari selasa dan Kec. Air Tiris dengan hari pasarnya pada hari jum'at (klo gak salah).


Mama si biasanya belanja ke pasarnya ya pada hari pasar doang sih. Jadi setiap pulang dari pasar pasti belanjaannya banyak banget deh, maklum buat stok selama satu minggu. Pada hari pasar minggu2 pertama pulang kampung, saya pasti lansung ngingetin mama buat beliin Es Tebak dibungkus buat saya. 1 bungkus Es Tebak itu kalo gak salah antara Rp7000-Rp9000 gitu saya lupa harga pastinya berapa, habisnya gak pernah beli sendiri.hhe dan itu porsinya banyak dan gede banget, kalau saya sih biasanya 1 bungkus itu di minum bersama dengan keluarga saya yang lainnya (buat 3 orang lah kira2).

Yang khas dari Es Teler ini adalah warna siropnya yang merah (saya sih bilangnya pink), pake Tebak (Cendol yang terbuat dari beras, warnanya putih), dikasih potongan2 roti tawar, cincau, dan tape singkong, kemudian di siram pake kuah santan dan es serut. Terakhir di kasih susu kental manis di atasnya . hmmmm rasanya enaaaak banget. yang paling jadi rebutan antara saya dan adik saya kalau lagi makan Es Tebak apabila kami seprorsi bersama adalah Roti Tawarnya, enak banget soalnya.

saya baru tau juga loh, ternyata Es Tebak itu adalah Minang Traditional Cuisine alias minuman khas minang. Walaupun saya kan bukan orang minang, dan saya juga gak tinggal di daerah padang, tapi karena Riau bertetangga dengan Sumatera Barat dan orang minang juga banyak yang tinggal dan berwirausaha di Riau, barangkali itulah yang membuat banyak masakan dan makanan minang yang menjadi makanan favorit juga di Riau.




Resep ES TEBAK
KLIK - DetailBAHAN TEBAK:
175 gr tepung beras
25 gr tepung sagu
525 ml air
2 lbr daun pandan
1 sdt garam

KOLANG-KALING MERAH:
250 gr kolang-kaling
100 gr gula pasir
400 ml air
10 tetes pewarna merah tua

PELENGKAP:
250 gr tape singkong, potong-potong
250 gr cincau, potong-potong
½ klg susu kental manis
es serut

BAHAN KUAH:
750 ml santan dari 1 btr kelapa
2 lbr daun pandan
½ sdt garam

CARA MEMBUAT:

1. Aduk rata bahan tebak, masak sambil diaduk hingga meletup-letup. Panas-panas tuang ke dalam cetakan cendol, tekan hingga adonan keluar, tampung di dalam wadah berisi air es, sisihkan.
2. Buat kolang-kaling, didihkan air, daun pandan dan pewarna merah, masukkan kolang-kaling, matikan api, diamkan hingga dingin.
3. Didihkan bahan kuah sambil diaduk hingga mendidih, dinginkan.
4. Sendokkan tebak atau cendol ke dalam mangkuk, tambahkan kolang kaling dan pelengkap, siram dengan kuah, sajikan dengan es serut.

*Untuk 5 orang.