K T T A


KTTA alias Karya Tulis Tugas Akhir adalah sebuah karya tulis yang disyaratkan untuk disusun oleh mahasiswa D3 STAN tingkat akhir spesialisasi Akuntansi Pemerintah agar bisa lulus dari STAN. karena saya sekarang tingkat 3 semester 6, maka saya dan teman2 punya kewajiban menyelesaikannya nett mulai dari pertengahan maret hingga 18 juli 2011.


Kalau digambarkan,  begini nih kira2 pengalaman saya ketika menyusun KTTA:

Pertama, masing2 mahasiswa diberi pilihan untuk memilih 3 bidang mata kuliah apa yang akan didalaminya untuk KTTA nanti. Dimana keputusan untuk menentukan bidang mana yang akan diperoleh oleh mahasiswa tetap berada ditangan sekretariat kampus. Tetapi, rata2 mahasiswa memperoleh pilihan pertama bidang mata kuliah yang mereka pilih. Walaupun ada juga teman2 yang padahal gak milih sama sekali bidang matkul yang mereka dapatkan, tetapi sekretariat telah menentukan bidang itu terhadap mereka. hmm, apa boleh buat teman2, pada kenyataannya pasti pada bisa nyelesaiin KTTA nya kan :). oh iya, saya dapat Mata Kuliah Akuntansi Pemerintahan.

Kedua, mahasiswa di bagi kedalam kelompok dosbing (dosen pembimbing) nya masing2. Rata2 ada 5-8 anak kayanya. Kebetulan saya mendapat dosbing Bp. Budi Mulyana dengan teman2 sekelompok dengan Dien, Aji, Doti, Ninuk, Doni, Dodi dan Dino. Dari awal penyusunan outline (kalau bikin skripsi namanya "proposal" kali ya) sampai berhasil menyelesaikan revisi2 dari pak Budi Mulyana, hingga akhirnya kita semua mendapatkan TTD Persetujuan pengumpulan KTTA untuk dinilai dari beliau huh,,, benar2 perjuangan ya teman2, tetapi untungnya bapak dosbing kita ini baik banget, bisa ditemui kapan saja di hari kerja, dan kantornya di kampus pula, jadi kita gak ngalamin deh yang namanya perjuangan sampai ngejar2 keluar kota seperti yang dialami beberapa para pejuang KTTA *peaceeee alhamdulillah

Ketiga, setelah mendapat persetujuan dari dosbing, KTTA dikumpul di sekretariat. Lalu kita dibentuk lagi ke dalam kelompok dosnil (Dosen Penilai) masing2. dan ternyata saya dan Dien, terpisah dari kelompok dosbing kita, sedangkan Doti, Ninuk, Aji. Dodi, Doni dan Dino tetap sekelompok dosnil. Saya sekelompok dosnil dengan Fahri, Erna, Ervan, Fairus dan Endri yaitu kelompok dosnil Bp.  Puji Agus . Ternyata mereka tuh sebelumnya memang sekelompok dosbing juga dari awal. Jadi, saya bisa dibilang penyamun nih di kelompok dosnil saya ini :P

Selama tahap ini, kita gak ngerjain apa2, cuma menunggu kabar kapan Dosbing dan Dosnil kita selesai melakukan penilaian atas KTTA kita. Setelah selesai dinilai, KTTA dibagiin lagi oleh sekretariat kepada mahasiswa. Nah, kalau ada yang mesti di revisi, ya harus di revisi lagi sampai disetujui oleh Dosbing dan Dosnil. Setelah di setujui dan di TTD oleh Dosbing dan Dosnil, baru KTTA nya kita Hardcover dan dikumpul kembali ke sekretariat. Beruntung banget  saya tidak diminta untuk merevisi KTTA saya oleh dari Dosbing maupun Dosnil saya. Tapi saya penasaran banget kira2 nilainya bagus gak ya? :/ mudah-mudahan bagus. Amiiin

Alhamdulillah, sebelum deadline pengumpulan KTTA tanggal 18 juli itu, saya dan semua teman-teman se-dosbing sudah ngumpulin KTTA kita ke sekretariat kampus, tepatnya tanggal 12 juli 2011 .. *banzaiii

*)semangat ya buat teman-teman yang sedang mengejar deadline buat ngumpulin KTTA nya besok pagi :)