My Journey: Paris Van Java


Di kesempatan liburan semesteran setelah UAS semester 5 (lima) kemarin, aku memutuskan untuk tidak pulang ke kampung halaman tercinta dan berkumpul di rumah pujaan bangsa, walaupun sebenarnya disuruh banget pulang sama si nyonya Agus Salim, tapi mengingat pasti boring banget liburan tanpa ada teman-temanku tersayang disana (Ocha, Yani, Pipit, Devoy, Cici, dll) yang menemani dikarenakan mereka juga lagi gak di kampong halaman kita tercinta itu. Ocha dan Devoy lagi meniti kuliah di kota gudegJogya”, Yani dan Pipit sedang kuliah di kampung uda “Padang”, dan Cici di kota hujanBogor”. Selain itu, aku juga memang merencanakan tidak mau pulang dari jauh2 hari karena pengen fokus ngerjain KTTA (Karya Tulis Tugas Akhir).. hha gaya.



Teman-teman sekosanmurai sistaudah pada balik ke kampung semua kira-kira lima hari setelah liburan semester 5 dimulai. Dan selama beberapa hari di liburan itu, aku sempat merasakan hidup sendirian di kosan (rasanya ………….). Bisa dibayanginlah untuk menghuni kosan seorang diri pula. Tapi itu sebenarnya gak masalah buat aku, karena di rumahpun dari dulu aku sering ditinggal sendiri (Mengherankan banget untuk sebuah keluarga seukuran keluarga aku yang punya anggota dalam jumlah besar, tapi kenapa rumah kita sering sepi banget ya? :/)

Mendengar kisah yang menyedihkan sekali kalau anaknya tinggal sendirian dikosan, si Nyonyah jadi khawatir banget. nyonya jadi sering banget nelponin aku dan nyuruh pulang. "besok beli tiket pesawatnya ya!" Kata Nyonya. Mengerti banget gimana perasaan Nyonyaku itu, walaupun sebenarnya aku gak apa-apa, tapi sempat aku memutuskan untuk mengiyakan untuk membeli tiket pada Flight buat 9 Maret 2011. Tapi aku berubah pikiran lagi (maaf ya Bunda^^ ).

Ok, singkat cerita tanggal 12 maret 2011 saya berangkat ke bandung, mau maen ke tempat teman “FIONA”, fio adalah teman satu sekolahan aku pas SMP dan SMA, dan kebetulan sekarang dia lagi kuliah di ITHB – Bandung. Berangkat dengan menggunakan Baraya Travel dari Bintaro harga tiket Rp50.000/penumpang.


Aku berangkat dari Bintaro jam 14.30.
Sampai di Bandung sekitar jam17.30, aku turun di daerah Pasteur tepatnya di depan BTC (Bandung Trade Center). Setelah menunggu kira2 sekitar 20 menit, baru deh Fio sampai di sana buat ngejemput aku sama temennya (siapa ya namanya, lupa.. pokoknya cowok aja.. hha) karena cuma ada satu motor akhirnya si temen Fio itu balik duluan dan kita ke kosan Fio naik angkot (dan kayanya ini pengalaman pertama Fio naik angkot dari daerah situ, soalnya dia bolak balik nelponin temennya dulu sebelum akhirnya kita menemukan angkot yang benar. dari BTC ke Kosan Fio di daerah Dago, kita menggunakan 2 kali angkot (lupa nama angkotnya apa). Macet Parah di jalanan, kata Fio karena hari itu sabtu. Menurut aku sih karna anak-anak Bandung lagi pada mau Satnite-an kali ya .. hhe

Akhirnya kita nyampe juga di kosan Fio di daerah Dago sekitar jam 18.00 . Karena Capek, ketika ngeliat kasur aku lansung rebahan. Sejam kemudian baru mandi, dan kita nyari makan lalap-lalapan (hha, kan ala Sunda ciiiinnnn).
Hari Minggu, 13 Maret 2011 kita full seharian di kosan Fio aja karena masih capek juga buat kemana-mana.

Baru hari Senin, 14 Maret 2011 kita ke Ciwalk buat makan-makan, nongkrong, dan nonton. Sebenarnya sih gak ada rencana buat kesana, tapi "Vini" temen SMP aku dan Fio yang juga lagi kuliah di Jakarta, pada waktu itu juga lagi ada di Bandung ngajakin kita jalan, yaudah kita ke Ciwalk deh. Sebelum memutuskan untuk ke Ciwalk, ada kaya sekitar sejam kita habisin waktu cuma buat nentuin mau jalan kemana pada saat itu. Vini mau ke taman yang ada rumah-rumahnya Teletubies itu (apa ya nama tamannya, lupaaaaa), katanya mau foto2 disana, dan aku mau ke Kawah Putih atau kalau gak ke daerah atas, lembang misalnya. Tapi, sayangnya Fio gak tau jalan,,,, heu. Akhirnya kita bertiga melaju dengan mobil Vini ke Ciwalk saja. ohya, film yang kita tonton pada saat itu adalah "Drive Angry". Kayanya kita salah pilih film, soalnya adegannya serem2 abis penuh dengan perkelahian, sampai2 kayanya Fio dan Vini sepanjang fil diputar, tangan mereka gak pernah lepas dari nutupin mata mereka (sebenarnya aku juga sih, tapi seringan mereka yang nutup mata :P). Totally, filmnya seru kok.

(Pasar Baru, Kings Trade Center, Yogya Mall)

Hari Selasa, 15 Maret 2011 aku dan Fio mau Shoping. Horeeeeee :). Tujuan pertama kita adalah Pasar Baru. Anak Bandung sering menyingkatnya dengan Pasbar. Menurut aku, pasbar Bandung ini lebih mirip seperti ITC2 yang biasa ada di Jakarta, semua pakaian, kain, sepatu, tas, buat cowok atau cewek, buat tua atau muda, ada di sana. Di Pasbar aku menemukan titipan abangku yaitu sepasang stelan baju kerja buat perawat (maklum pacarnya si abang profesinya itu). Habis dari pasbar kita ke Kings, katanya Fio Kings itu juga seperti Pasbar tapi lebih Elit dan barang2 yang dijual di sana lebih kepada untuk cewek2 muda. jadi cocok banget kaya aku ke sana. Nah ternyata benar. Alhasil kita laper mata di sana. Rasa2nya semuanya pengen kita beli hha. Akhirnya kita pulang dengan membawa ................:)

Hari kamis, 17 Maret 2011 aku dan Fio jalan-jalan lagi, tujuan kita adalah BIP (Bandung Indah Plaza). BIP itu menurut aku, lebih mirip kaya PIM gitu kalau di Jakarta. Sebelumnya dari yang diliat-liat di tv aku berpikiran kalau anak Bandung itu nongkrongnya pasti di BIP, dan ternyata kenyataannya nggak loh. Lebih banyakan yang nongkrong di Ciwalk kayanya. Dan disini, gak cuma aku yang sibuk belanja, Fio juga. lucu banget deh ngeliatin dia belanja, kita sibuk nyari Cardigan jeans lengan 3/4 buat Fio karena dari yang kita liat2 itu yang banyak itu cuma yang lengannya pendek. Kita dari lantai paling bawah ke lantai paling atas, terus turun lagi, naik lagi,,, heu . Akhirnya setelah capek mencari, Fio menyerah dan mengikuti saran aku buat beli yang lengan pendek aja. Karena memang sebenarnya dia lebih lucuan pake yang lengan pendek. Iya kan fi? :)


(Kampus Unpad, Kampus Unikom, Kampus ITHB, Kampus STBA Yapari, Kampus Unisba)

Teman aku, Fio, kuliah di ITHB (Institut Tehnik Harapan Bangsa). Sedikit ngebahas masalah kampus-kampus yang ada di Bandung. Aku salut banget ngeliat kampus-kampus di sana yang saling berdampingan lokasinya. Seperti Kampus Unikom, Kampus ITHB, dan Kampus d3 Unpad yang letaknya deketan. Dan tidak jauh dari ketiga kampus tersebut, kita juga bisa menemukan Kampus Unisba ketika mau ke arah BIP, dan menemukan Kampus STBA Yapari ketika mau ke arah Ciwalk. Benar-benar suasananya seperti kota pendidikan.


(Cipaganty Travel)

Liburan di bandung pun berakhir karena pada tanggal 18 Maret 2011 nya aku udah kembali lagi ke Bintaro dengan menggunakan Cipaganty Travel. yang menarik disini, sebenarnya aku pada hari sebelumnya udah reservasi tiket buat hari H untuk keberangkatan jam 7.15 pagi harga tiket Rp65.000/penumpang. Aku ngambil untuk jam segitu biar Fio bisa nganterin aku ke travel pada hari itu karena ternyata Fio jam9 paginya ada kuliah. Tapi akibat kebiasaan ngoceh sampai pagi (maklum lama gak ngumpul) ditambah dengan Fio punya banyak banget koleksi film yang belum aku tonton (bikin kita nonton dvd sepanjang malam terus), alhasil kita pasti selalu baru tidur subuh hari, dan pada hari H aku dibangunin Fio yang juga baru bangun kayanya sekitar jam7.20 "don, udah jam segini, gimana ini?"......

Berhubung kantor cipaganty nya gak jauh dari Kosan dan Kampus Fio, aku lansung nelpon kantor travel dan membatalkan tiket yang pertama tadi dan memesan tiket baru untuk keberangkatan jam14.15. kenapa kok gampang banget ngebatalin tiket yang pertama? hmm, ya iyalah belum dibayar kok sama aku :P. Jam 8.30 Fio pun berangkat kuliah.

Sambil nungguin jam berangkat,aku mulai packing (gila aja kalau aku tadi maksain berangkat dengan tiket yang pertama, pasti gak pake mandi dan barang bawaan+baju2 ditumpuk amburadul lalu masukin ke tas gitu aja dan lari2 ngos2an ke travelnya.. hha gak kebayang). Nah, dengan jadwal keberangkatan yang kedua ini aku jadi bisa santai dan gak terburu-buru deh^^.

Akupun menikmati mandi buat terakhir kalinya di Bandung sekitar pada jam13.00 dengan air yang masih dingin banget, beda banget sama jakarta yang kalau jam segitu udah kaya mandi sama air anget (kebetulan pada saat itu di jakarta lagi panas2nya, sambil ngebayangin pada hari sabtu, 12 Maret 2011 ketika aku ngambil wudu buat sholat dzuhur sebelum berangkat ke Bandung, ftfggygy "berasa wudu pake air panas, serius!"). Setelah mandi hampir sejam, rapi-rapi, lalu aku lansung berangkat ke travel. Tibanya di travelnya, aku diminta untuk nunggu dulu sekitar 15 menit, baru akhirnya kita berangkat ke Bintaro jam 14.30 . Kita tiba di Bintaro sekitar jam 17.30, dan aku turun di drop terakhir, ternyata deket banget dari kosan, yaitu di kantor Cipaganti cabang Bintaro yang beralamatkan di depan gerbang gereja PJMI, tepatnya di sebelah apotik 24jam Bintaro. tinggal ngesot sebentar, lansung sampai di kosan tercinta :)

Sekian dulu bagi2 ceritanya, nanti kita lanjut lagi di cerita Trip aku yang lainnya.